3 Langkah Lepaskan Mulut dari Sariawan

find more

3 Langkah Lepaskan Mulut dari Sariawan

Biasanya, sariawan muncul sebagai tanda kalau badan kita tengah kekurangan gizi. Tetapi, nyatanya pemicunya tidak cuma itu. Terdapat banyak aspek lain yang tidak terkait dengan konsumsi gizi, walau demikian bisa menimbulkan permasalahan di mulut. Sebagian saran dari praktisi-praktisi kesehatan dapat kita praktikkan untuk membebaskan mulut dari sariawan.

Dari dokter gigiDrg. Linus Boekitwetan, M. Kes (Ort), menerangkan kalau sariawan yang dimaksud juga stomatitis aphtousa rekuren (SAR), yaitu lesi (luka) mukosa rongga mulut yang seringkali berlangsung. Penyebabnya intinya tidak di ketahui, namun ada aspek lain yang memicunya, umpamanya iritasi gigi tajam, masalah imunologi, hormon, dsb. Drg. Linus menyarankan untuk berkumur dengan obat kumur yang memiliki kandungan chlorhexidine gluconate atau temaal kortikosteroid, untuk mempersingkat saat pengobatan luka. Obat type temaal anestesi (salep) dapat diberikan untuk meredakan rasa sakit. Dari pakar herbalAhli obat tradisional China, Mochtar Wijayakusuma, menyampaikan kalau sariawan bisa muncul di lidah, langit-langit mulut, gusi, pipi sisi dalam, atau bibir.

Pemicunya dapat lantaran kekurangan zat besi, vitamin B12, infeksi virus serta bakteri. Bisa pula berlangsung akibat lidah tergigit, atau mulut peka pada pasta gigi atau obat kumur. Untuk mengatasinya dengan obat-obatan herbal, disarankan untuk coba ramuan herbal dengan bahan tomat, kiwi, jeruk lemon, serta madu. Langkahnya, campur 1 buah tomat serta kiwi (kupas kulitnya) kedalam jus.

Lebih dengan air perasan ½ jeruk lemon serta madu seperlunya. Jus, lantas minum 3 kali satu hari. Dari pakar giziSementara Yusnalaini Y. Mukawi, MSc., pakar gizi dari Poliklinik Gizi RSPAD Gatot Soebroto, menyebutkan kalau peluang sariawan berlangsung lantaran kurang nutrisi. Tidak ada makanan yang mengakibatkan sariawan. Biasanya, permasalahan ini bakal muncul jika kita kekurangan nutrisi, terlebih vitamin C serta B12, yang ada dalam beragam sayur serta buah yang berwarna kuning.

Jeruk, delima, atau berry, umpamanya. Untuk hindari sariawan, disarankan untuk penuhi keperluan vitamin C, tidak kurang dari 60mg /hari. Diluar itu, senantiasa kompliti menu makanan keseharian dengan sayur serta buah-buahan.   (Alia An Nadhiva)  

klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Confessant guéri du cancer grâce aux herbes, cette femme a terminé Rp 4,3 milliards

Tips To Resolve Your Acne Issues

Free Yourself From Boundaries: Tips To Care For Asthma